Bagaimana Mengatasi Anak Menangis Di Malam Hari




buka-sesuatu.com,- Anak menangis membuat sebagian orang tua merasa resah dan gelisah, apalagi jika terjadi pada malam hari disaat sepi lengkingan anak begitu menyayat hati. Belum lagi jika ada tetangga yang kurang senang ya sudahlah diterima dengan senang hati sebagai suatu ujian dan semua akan mengalaminya. 


Ada cerita tentang anak menangis, ketika saya sedang memijatkan anak ( biasanya anak umur satu tahun dipijatkan ke tukang pijat biar rileks ) berjumpalah dengan sepasang suami istri yang sedang memijatkan anaknya juga, setelah berjabat tangan dan say hello maka beliau menceritakan pengalaman yang mungkin bisa menjadikan pelajaran bagi kita yang baru memiliki anak dan masih kurang asam garam pengalaman mengasuh anak seperti saya.

Sebut saja nama beliau pak tumin, pak tumin menikah di usia muda dan waktu itu masih tinggal bersama dengan orang tua setelah menikah yang notabene tinggal ibunya sadja, setahun kemudian beliau dikarunia seorang anak laki laki yang imoets dan menggemaskan, segala sesuatu tentang perawatan anak, dari mandiin,,momong sampai nyebokin si kecil  masih dihandle ibu beliau, disamping istrinya juga ( istrinya masih muda jadi masih lugu ), singkat cerita ibu pak tumin meninggal dunia, ujian hidup buat Si tumin dalam mengarungi hidup berumah tangga. 

Suatu ketika di malam hari anak beliau bangun dan menangis menjadi jadi, istri pak tumin pun bingung apalagi pak tumin, dikasih minum susu tetep tidak mau digendong tetep juga menangis meraung raung tanpa henti, perih rasanya bagi orang tua yang menyaksikan buah hatinya menderita seperti itu. Kejadian itu terjadi pukul 00.00, sudah bermacam cara di lakukan untuk meredakan tangis si kecil namun tak jua berhenti, kedua pasangan suami istri tersebut pun hampir kehilangan akal. Hingga akal pun menjadi kadang terpengaruh oleh dongeng dongeng tentang sesuatu yang ghaib.

Jam satu dini hari anaknya masih menangis tambah ga karuan kedua pasangan tersebut, akhirnya sang istri berkata bahwa pernah denger dari tetangga apabila ada anak nangis di malam hari pasti di luar rumah ada mahluk halus di luar rumah ( mungkin seperti gederuwo, kuntilanak atau bahkan kolor hijau yang dipikiran kedua pasangan tersebut ) nah dari cerita tetangga untuk menangani hal tersebut si orang tua khususnya suami harus mengelilingi rumah sebanyak 7 kali dan itupun harus tanpa memakai baju sehelaipun. Antara percaya dan tidak percaya pak tumin pun akhirnya melakukan cara tersebut namun tidak langsung telanjang, pertama cuma pake sarung sambil tengok kanan kiri pas keluar rumah takut ada yang melihat. 



Setelah dirasa tidak ada mata melihat akhirnya pak tumin mengelilingi rumah sampai tujuh kali. Selesai mengelingi rumah masuk ke dalam rumah namun anaknya masih tetep aja nangis, dengan berat hati pak tumin pun melepas sarung tuk mengelilingi rumah, hasilnya sama tetep sadja anaknya masih menangis, dan pilihan terkhirpun dijalani dengan mengelilingi rumah tanpa sehelai pun. setelah ketiga kalinya mengelingi rumah beliau masuk rumah tetep saja anaknya menangis, rasa lemas pun terasa ditubuh, istrinya yang sejak dari tadi menggendong anaknya cuma bisa menangis melihat suaminya kecapean mengelilingi rumah, 7 x3 = 21 putaran, yang menggenaskan putaran terakhir, ujian hidup yang berat. Jam menunjukan pukul 03.00 anaknya masih sadja menangis.

Dengan lemas Akhirnya pak tumin gantian menggendong anaknya kasian melihat istirnya keliatan cape. Saat menggendong anaknya pak tumin pun merasa lapar, akhirnya beliau ke dapur dan mulai makan, anaknya kecapean masih menangis meski sudah lirih karena tak punya tenaga, saat makan nasi tanpa sadar anaknya dikasih makan nasi, anaknya pun mau makan dan makanya pun banyak setelah selesai makan pak tumin menggedong anaknya ke ruangan lain. 

Tak lama menggendong anaknya terlelap tidur dan tidak menangis sama sekali, bukan main girang, senang, bahagia tak terasa, dengan cepat bergegaslah pak tumin ke kamar menemui istrinya yg masih keliatan cape memberitahukan bahwa anaknya sudah reda menangis dan tertidur pulas. Bukan maen sang istri menangis terharu bahagia,,memeluk anak dan suaminya. 

Demikian cerita dari pak tumin, beliau berpesan kepada saya bahwa pengalaman merupakan guru yang bijak dan dalam menyingkapi sesuatu harus logika dulu jangan terlalu dini dikaitkan dengan sesuatu hal mistis. meskipun kita harus mempercayai hal ghaib. Akupun manggut manggut berterima kasih kepada pak tumin atas informasi yang sederhana namun begitu berharga buat saya pasangan muda yang belum banyak pengalaman tentang mengasuh anak. bukan main perjuangan orang tua untuk melihat anaknya tidak menangis suatu kebahagian bagi orang tua melihat anaknya sehat dan riang gembira.

Saya berkesimpulan dari cerita diatas, dengan tips tips sebagai berikut :
  • Sediakan makan kecil roti, ataupun nasi       dimalam hari untuk jaga jaga jika si kecil bangun.
  • Sediakan juga air minum, karena biasanya si kecil sehabis bangun tidur di malam hari kehausan. 
  • Sediakan juga Plastik untuk Membungkus pampres jika si kecil buang air besar. 
  • Sediakan minyak kayu putih dan kompres. 
  • Berfikirlah rasional ketika anak bangun dan menangis di malam hari.

Demikian sedikit berbagi pengalaman anak menangis, semoga ada manfaate,,terima kasih