Bagaimana Mengatasi Lampu Indikator Mobil Yang Menyala !

buka-sesuatu.com,- Pengalaman ini terjadi sewaktu dalam perjalanan pulang ke rumah, tiba tiba lampu indikator check engine menyala. Perasaaan jadi tidak karuan karena jalan yang dilalui jauh dari bengkel, alias daerah pedesaan, dengan reflek mesin mobil tak matikan, trus buka kap mobil bagian depan, karena tidak berpengalaman takutnya air radiotor habis atau yang lain. Sembari menunggu mesin dingin, tangan pun beraksi membuka gadget sambil browing, Bagaimana mengatasi lampu indikator mobil yang menyala ? di mbah google banyak sekali referensi tentang penyebab lampu indikator mobil menyala. 


Mobil yang saya pakai jenis Avanza dan sudah injeksi. Setelah browsing2, tapi masih takut untuk eksekusi sendiri yaitu mereset aki dengan cara melepas kepala aki dari kabel (-). Ah, kubiarkaan sejenak sembari menyalakan mobil lagi, syukurlah Lampu Indikator tidak menyala lagi. Selang jalan beberapa kilo meter lampu indaktor mobil menyala lagi. Hati ini berdegub kencang, ada apa gerangan. Akhirnya tak paksaan sampai ke bengkel terdekat. Sama mekanik bengkel dikasih tahu habis buka kap mesin dan kurang tertutup rapat. Naha sama mekanik bengkelnya aki direset dengan cara melepas kabel (-) dari aki. Memang Lampu indikator sudah tidak menyala lagi, Saya pun lega, dan berjalan lagi.
Sama seperti perjalanan semula, lampu Indikator menyala kembali, duh kok bisa ya, dan erangan mesin semakin menjadi2, tak matiin mesin terus tak nyalaian, Sekarang lampu indiaktor tersebut . Penunjuk Rpm naik turun naik turun. 

Disaat yang genting tersebut tak paksain jalan meski dengan penuh kehati hatian. Langsung Mencari info bengkel yang agak besar alias resmi. Setelah selasai pendaftaran langsung penganganan. Sama mekanik bilang ” idle speed control perlu diganti . Dengan malu malu saya pun bertanya “sampai berapa mas harganya “. “Tanya ama Mbak Mbak bagian administrasi noh “ jawabnya. Dengan muka senyum cantik ”600 ribu mas, belum ama ongkos ganti “ Lemah lunglai mendengar si Mbak cantiknya bilang gitu. Dengan pasrah “ya udah mba ganti ajah” kataku menimpali. Sembari meraba2 kantong saku sambil menerawang tinggal berapa rupiah yang bersarang disitu.

Akhirnya selesai sudah penggantian idle speed control . Mobil pun sudah tidak meraung raung dan lampu indikator sudah tidak menyala. Langkah langkah yang dilakukan jika indikator lampu mobil menyala khusus injeksi :

  • Tetap tenang, Mobil pinggirkan dulu biar mesin mobil adem sama pikiran adem juga
  • Cari informasi bengkel terdekat, caranya ya tanya sama warga sekitar situ, jika malu buka mbah google.
  • Jika nekat pengen oprek sendiri buka kap, lalu ambil kunci buka kabel yang menyambung pada aki (-) diamkan beberapa menit. Menurut mekanik mobil ini yang dinamakan reset.
  • Jika masih belum ada perubahan segera bawa ke bengkel terdekat, syukur syukur bengkel resmi biar di scan pake tool.

Nah bagi pengendara mobil sebelum bepergian selalu awali dengan BERDOA semoga diberi kelancaran dan keselamatan dalam berkendara, selalu cek berkala mobil anda, pokoknya musti perawatan. Dan jika bepergian menggunakan mobil satu hal yang pasti. Bawa uang lebih itu kuncinya.

Semoga bermanfaat.