Dibalik Cantiknya Buah CERI, Tersimpan Senyawa Berbahaya.



buka-sesuatu.com,- Buah Ceri merupakan makaana yang sangat populer dan disukai oleh berbagai kalangan. Mulai untuk hiasan makanan ataupun untuk dimakan mentah -mentah. Pigmen warna merah yang terdapat pada buah ini mengandung anthocyanin, yaitu senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, melindungi sel otak, dan kerusakan saraf yang terjadi pada penderita alzheimer. Kandungan vitamin A dan C dalam buah ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Kandungan seratnya cukup tinggi dan sangat membantu sistem pencernaan serta mencegah terjadinya penyakit kanker.


Namun selain banyak manfaatnya, buah ceri ini mengandung gas beracun berbahaya yang bersumber pada daun dan bijinya. Apabila bijinya digigit, dikunyah, maka biji tersebut akan memproduksi asam prussic ( sianida hidrogen ) yang sangat beracun. Keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan, dan mual. Keracunan dosis besar akan mengakibatkan gangguan pernafasan, kenaikan tekanan darah, dan gagal ginjal. Sampai menyebabkan kematian.

Meskipun berbahaya, anda jangan kuatir untuk mengkonsumsinya, Yang berbahaya atau yang beracun hanyalah daun dan bijinya. Jika tidak sengaja menelan satu atau dua buah biji ceri, tentu tidak begitu berpengaruh. Oleh karena itu hendaknya mengkonsumsi buah ini dalam keadaaan benar benar matang, berwarna merah dan segar. Jangan mencoba mengkonsumsi buah ini yang masih mentah, apalagi memakan biji buah ceri dalam jumlah yang banyak. Bijaklah dalam mengkonsumsi.


semoga bermanfaat.

sumber : healthy