Bagaimana Menghilangkan Kutu Beras ?

www.buka-sesuatu.com,- Ibu Ibu pasti gemes deh melihat tempat penampungan beras sudah terpenuhi oleh kutu beras. Nah ada cara alami untuk mengatasi kutu beras tanpa bahan kimia. Berikut tips tips untuk mencegah kutu beras. 


Misalnya kutu sudah telanjur ditemukan di beras, tentu langkah terpenting adalah membasminya agar beras tetap bisa dikonsumsi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu beras:
  • Jemur beras di bawah terik matahari. Letakkan beras di atas benda yang bisa menghantarkan panas, seperti selembar seng atau loyang. Jemur di panas matahari selama beberapa jam hingga kutu beras hilang sama sekali. Kutu akan merasa kepanasan dan meninggalkan beras. Jika ingin membersihkan sekantung besar beras dari kutu, lakukan cara ini sedikit demi sedikit hingga tidak ada kutu yang tersisa. Masukkan beras kembali ke wadah yang sudah dibersihkan.
  • Bekukan beras. Masukkan beras ke lemari pembeku di kulkas untuk membasmi kutu beras beserta telurnya. Diamkan beberapa jam kemudian keluarkan beras. Cuci beras sebelum dikonsumsi, buang kutu beras yang mengapung.

Memang mencegah kutu beras lebih mudah daripada membasminya, jadi lakukan langkah-langkah pencegahan ketika Anda baru membeli sekarung beras agar tidak perlu repot gara-gara kutu di kemudian hari. Berikut ini beberapa cara mengusir kutu beras yang alami dan bebas racun:
  • Cabai kering. Cara ini mungkin merupakan cara yang paling sering Anda dengar. Aroma pedasnya membuat kutu beras menjauhi simpanan beras Anda.
  • Lada. Masukkan beberapa butir lada ke kantung kain tipis lalu tempatkan di dalam tempat penyimpanan beras.
  • Daun jeruk nipis. Cukup masukkan beberapa lembar daun jeruk nipis segar ke dalam wadah penyimpanan beras. Beras akan menyerap kelembapan dan menyebabkan daun jeruk nipis mengering, tapi aroma daun jeruknya tetap bekerja mengusir kutu beras.
  • Kayu manis. Masukkan beberapa gelinting kayu manis, aromanya akan membuat kutu beras enggan masuk wadah penyimpanan beras Anda.
Tips di atas sangat efektif diterapkan, murah, bebas racun, dan bahan-bahan dapur yang telah dipakai tetap bisa digunakan untuk memasak jika sudah tidak diperlukan di wadah penyimpanan beras lagi.

Semoga Bermanfaaat